SAK JIWO SAK ROGO SAK MATEK'E

Rabu, 20 Maret 2013

Trik Aman Gunakan Fasilitas Wifi Umum

Salah satu cara untuk mendapatkan koneksi internet adalah melalui jaringan wireless atau wifi. Sistem koneksi non kabel ini memang lebih senang digunakan karena tidak ribet dan lebih leluasa. Wi-Fi pun sudah banyak diberikan di tempat umum seperti Cafe ataupun Hotspot Area. Saat ini titik wifi wifi di kota-kota  sudah berkembang pesat seiring dengan maraknya hacker yang mencuri data Anda melalui wifi.
Walaupun perangkat seperti notebook, tablet, atau smartphone sudah menggunakan pengaturan awal serta firewall namun para hacker juga pintar mencari celah sekecil apapun. Jika Anda senang memanfaatkan fasilitas wifi umum dan ingin data aman dari gangguan hacker Anda bisa mengikuti tips berikut ini :
1. Matikan Mode Sharing (Berbagi)
Jika Anda menggunakan PC Windows, Anda dapat memulai dengan membuka pengaturan berbagi lanjutan pada pengaturan Jaringan dan Internet dalam Control Panel. Dari sini, Anda akan dapat memilih untuk berbagi file, printer, serta jaringan yang ditemukan, ini akan membuat komputer Anda tampak terhubung pada jaringan yang sama. Untuk Mac, hanya pergi ke System Preferences, kemudian Berbagi, dan pastikan tidak ada pilihan lain yang digunakan.
2. Instal Virtual Private Network
Cara yang paling aman untuk browsing pada jaringan publik adalah menggunakan virtual private network (VPN). VPN akan memberikan Anda jaringan yang aman meski menggunakan Wi-Fi publik, Anda mendapatkan manfaat dari jaringan pribadi selagi masih memiliki kebebasan publik Wi-Fi. Saat ini banyak terdapat layanan VPN gratis telah tersedia secara umum tersedia, layanan yang menjamin keamanan pada jaringan merupakan pilihan cerdas untuk melindungi informasi pribadi Anda.
3. Hindari sambungan WIFI otomatis
Jangan melakukan setting Conect Automatically pada jaringan wifi komputer, tablet atau handphone Anda terhadap jaringan wifi yang ditemui. Hal ini dapat membahayakan privasi Anda. Hal tersebut memungkinkan perangkat yang Anda gunakan terhubung ke jaringan publik tanpa izin Anda, dan Anda juga dapat secara otomatis terhubung ke jaringan berbahaya yang memang dibentuk khusus untuk mencuri informasi. Smartphone yang paling modern memiliki opsi untuk penonaktifkan secara default, akan tetapi pengaturan ini harus selalu Anda periksa. Pertama, buka menu Wi-Fi dari pengaturan telepon, jika Anda tidak melihat pilihan sambungan secara otomatis terpasang maka perangkat milik Anda sudah aman.
4. Pastikan Website yang Anda kunjungi memiliki teknologi Secure Socket Layer (SSL)
Sebuah situs pada dasarnya hanya mentransfer konten dalam bentuk teks biasa, Hal itu memudahkan siapa saja untuk menyusup dalam koneksi jaringan Anda. Banyak situs menggunakan SSL untuk mengenkripsi transfer data, tetapi Anda tidak harus bergantung pada layanan situs untuk berlindung. Anda dapat membuat koneksi ini terenkripsi dengan ekstensi browser SSL Everywhere. Dengan mengaktifkan plugin ini, hampir semua koneksi situs akan dilindungi menggunakan SSL guna memastikan setiap transfer data aman dari mata yang mengintip.
5. Hidupkan Firewall dan software Antivirus
Hal yang paling utama adalah perlindungan awal pada gadget Anda. Pastikan gadget Anda sebelum menggunakan fasilitas wifi umum sudah terdapat firewall. Kebanyakan sistem operasi yang ada saat ini, sebagian besar telah dilengkapi firewall yang memonitor keluar masuknya koneksi. Firewall memang tidak memberikan perlindungan secara lengkap, akan tetapi pengaturan tersebut dirasa cukup membantu jika dalam keadaan aktif.
Selain itu selalu gunakan perangkat lunak anti-virus yang terbaru, ini dapat membantu memberikan peringatan pertama jika sistem anda telah diganggu saat terhubung ke jaringan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu