SAK JIWO SAK ROGO SAK MATEK'E

Jumat, 03 Mei 2013

Robot Berotak GPU Ini Pandai Bermain Bisbol

detail berita
Jepang sudah lama dikenal dengan inovasi robot cerdasnya. Para peneliti dari University of Electro-Communications di Tokyo mengembangkan sebuah robot yang pandai bermain bisbol.bekerja sama dengan Okinawa Institute of Science and Technology, mereka membangun sebuah robot humanoid yang dapat memainkan olahraga kesukaan seperti bisbol. Robot ini tidak memegang bat (pemukul) bisbol, melainkan memegang kipas kertas untuk bermain olahraga tersebut.

Pukulannya pun tidak 100 persen akurat, tetapi robot ini cukup mahir dan cerdas untuk menyesuaikan perubahan arah lemparan bola. Dibekali dengan Nvidia GPU yang memungkinnya bergerak dan sebuah prosesor grafis yang memiliki 100 ribu neuron. Ditambah lagi dengan perangkat lunak yang membuatnya menjadi humanoid yang efektif.

Otak GPU mengambil informasi dari accelerometer. Kemudian accelerometer akan menerjemahkan penerbangan dan kecepatan bola ke otak bot untuk mengkalkulasi data dan menentukan kapan lengan robot harus bersiap untuk memukul.

Robot bisbol ini dikembangkan untuk membantu para peneliti dan ilmuwan agar dapat memahami bagaimana otak robot dapat diciptakan dengan serangkaian kombinasi software dan hardware.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu