SAK JIWO SAK ROGO SAK MATEK'E

Rabu, 20 Maret 2013

Perkembangan Teknologi CCTV Camera Online dari jaman doeloe hingga terkini

Closed-circuit television (CCTV) merupakan video camera yang sering digunakan untuk pengawasan area yang memerlukan penjagaan seperti jalan raya, perkebunan, dan gedung bangunan bisa berupa perumahan, kantor, pabrik, bank, bandara, toko, sekolah, dan lain-lain.

Perkembangan awal CCTV System adalah Sistem Analog Camera dengan desain sebagai berikut:

VCR System
Perkembangan dari DVR Card adalah DVR Standalone. Fungsi pertama adalah membebaskan ketergantungan pengoperasinya dari PC. Didalamnya dilengkapi dengan Hard Disk sebagai media perekamnya, DVR Standalone hadir untuk menggantikan DVR Card dan seiring berjalannya waktu, DVR Standalone dapat menyamai kemampuan DVR Card.

PC DVR Card System
Kemudian desain berubah dengan munculnya DVR Card, yaitu sekeping board yang di plug in ke slot PCI dari PC, untuk menggantikan fungsi spilter Multiplexer dan perekaman analog dengan Video Cassettes Recorder (VCR). Jadi intinya fungsi DVR Card seperti hardware tambahan PC yang hanya bisa dijalankan dengan mengoperasikan komputer.

DVR StandAlone System
Perkembangan dari DVR Card adalah DVR Standalone. Fungsi pertama adalah membebaskan ketergantungan pengoperasinya dari PC. Didalamnya dilengkapi dengan Hard Disk sebagai media perekamnya, DVR Standalone hadir untuk menggantikan DVR Card dan seiring berjalannya waktu, DVR Standalone dapat menyamai kemampuan DVR Card.

Saat ini teknologi Analog Camera masih banyak digunakan, namun perkembangan teknologi CCTV System terkini telah berubah dengan munculnya Sistem IP Camera yaitu dengan desain berikut:

IP Camera System
Sistem ini mendistribusikan video/audio melalui kabel jaringan dan wireless dengan memakai protokol TCP/IP yang siap di integrasikan dengan infrastruktur masa depan. Umumnya sistem ini dibangun dengan adanya network camera, switch power over ethernet, network video server/encoder dan software video management.

Sebagai teknologi yang canggih yaitu dengan resolusi tinggi, kompresi video digital dan teknologi TCP/IP via jaringan internet, dimana saat ini pengawasan suatu area tersebut dapat dilakukan tanpa batasan jarak waktu, telah membuat CCTV system menjadi sangat mudah penggunaannya dan harganya terjangkau, sehingga menjadikannya pilihan yang populer untuk digunakan oleh banyak pihak pemerintah, swasta maupun individu.

Penggunaan teknologi CCTV System di berbagai bidang bertujuan memantau situasi secara realtime seperti mengawasi area berbagai tempat, mengawasi aktifitas karyawan, aktifitas produksi, mengurangi mencegah kecurangan dan penipuan, mencegah kehilangan barang dan kerugian material, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

ada beberapa jenis instalasi dalam bidang CCTV System yaitu sebagai berikut:

* CCTV Integrated System DVR Card
* CCTV Integrated System DVR Standalone
* CCTV Integrated System IP Camera Basic
* CCTV Integrated System IP Camera Enterprise
* CCTV Integrated System Wireless IP Camera
* CCTV Integrated System Hybrid – Analog IP Camera

smoga menambah pengetahuan buat para pemabaca sekalian

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu